May 28, 2009

Onbitjkoek- KBB 11

Tantangan kali ini membuat kue Onbitjkoek. Jujur baru pertama kali ini juga gue nyobain ini kue. Selama ini hanya pernah mendengar namanya saja. Hasilnya..mmmm enak banget. Wanginya breng--breng..asoy kecium banget wangi rempahnya, karena ada campuran kayu manis, cengkih and pala bubuk. Trus maemnya dengan mentega juga.

Beneran nikmat banget maem ini sambil ngopi liatin luar yang lagi hujan atawa buat makan pagi deh.

Thanks host..ocre banget nih pilihannya!!

Untuk proses pembuatan bisa dilihat disini

Ini resepnya..

Onbitjkoek
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.


125g gula palem/gula merah

5 kuning telur
3 putih telur
campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, � sdt pala bubuk, � sdt cengkih bubuk
50g kenari, iris tipis --pake almond.


Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Aku baked di 180C, kira 30menitan udah jadi tuh..karna pas 20 menit aja gue udah ampir mateng :)

Enjoy!!

2 comments:

Retno Prihadana said...

Mampir, ikutan nyicip onbijtkoeknya foni :). Bener deh, kue ini enak..dah bolak balik bikin juga.

Andrie Anne said...

Lama juga manggangnya ya Fon..aku cuma 20-25 menit disuhu 160 derajat Celcius. Btw pa kabar Fon? Dah lama ga sapa2 ya..

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin